Pecinta Burung Lovebird Indonesia

TUMBUH KEMBANG PIYIK LOVEBIRD : PENCERNAAN

TUMBUH KEMBANG PIYIK : PENCERNAAN
(BAGIAN 1)

Yolk dan Usus Piyik Lovebird.
Harap diperhatikan, terutama untuk sobat Lovebird Lover yang sering meloloh piyik lovebird dan untuk indukan yang baru/awal dalam mengasuh piyikan. jika indukan sudah beberapa kali mengasuh piyikan biasanya hal ini jarang sekali terjadi.
Bila kita perhatikan bagian perut piyik yang baru menetas, ada bagian kuning dibalik kulit perutnya yang masih transparan. Yolk atau kuning telur, adalah cadangan makanan 6-12 jam pertama yang diperoleh piyik ketikan baru saja menetas.
Selama fase ini, piyik tidak membutuhkan makanan dari luar, karena yolk akan terserap ke dalam sistem pencernaan mereka.
piyik lovebird
Tetapi, apabila Anda menemukan satu garis berwarna keunguan atau hitam, berarti ada masalah pada ususnya. Alasannya, sistem perncernaan mereka kekurangan cairan.
Salahsatu penyebabnya adalah kondisi telur yang terlambat menetas (bisa karena faktor suhu/kelembaban selama inkubasi).
Mekanismenya mungkin hampir sama dengan bayi manusia, kalau terlambat keluar bisa menyebabkan terhirupnya air ketuban.
piyik lovebird
Solusinya adalah, dengan menyediakan bahan makanan yang banyak mengandung air kepada indukannya. Misal sayuran atau buah-buahan.
Bila Anda sendiri yang melolohnya, pastikan makanan yang diberikan lebih encer daripada biasanya, atau selang-seling dengan meneteskan air (air mineral atau air kelapa).
Untuk piyik berusia harian seperti ini, alangkah baiknya formula lolohan Anda lebih encer daripada biasanya.
Memang, ketika formula lolohan encer lebih mudah terserap oleh pencernaannya, namun konsekuensinya adalah tembolok menjadi menjadi lebih cepat kosong (dan Anda mesti memberikan makanan kembali). pemberian makanan lolohan seperti ini dapat berlangsung 3 - 4 jam sekali untuk piyik usia 0 - 10 hari.
Ingat, pakan yang lama tercerna itu belum tentu baik untuk piyik bahkan kita harus berhati hati jangan sampai pakan mengendap di tembolok piyik dan tidak tercerna secara baik karena itu akan mengganggu kesehatan piyik. jika terus dibiarkan mengendap di tembolok dalam waktu yang lama bisa berakibat pada kematian.

II   Bagian 2   II   Bagian 3   II   Bagian 4   II



sumber :
https://www.facebook.com/groups/301695919994311/permalink/359211784242724/

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design