Pecinta Burung Lovebird Indonesia

Menangani Piyik Lovebird yang Kontet

TUMBUH KEMBANG PIYIK : Stunted Growth / Stunting / Kontet
(BAGIAN 2)

Lanjutan dari artikel siang tadi tentang Yolk dan Usus Piyik Lovebird (lihat bagian 1)
Breeding lovebird memiliki seni dan tantangan tersendiri yang ternyata tak semudah yang orang awam bayangkan, selain fase menentukan jenis kelamin, tahap penjodohan kita pula dihadapkan dengan fase mengurus anakan atau piyik lovebird.

Dalam mengurus piyik lovebird kadang kita dihadapkan dengan berbagai macam masalah mulai dari menghadapi indukan yang tidak mau mengurus anakan sehingga berakhir kita harus melakukan handfeed sampai penyakit penyakit yang sering menghinggapi piyik lovebird kita.

kali ini sobat Lovebird Lover kita akan membahas Efek piyik lovebird yang terkena dehidrasi, malnutrisi, dan masalah bakteri bila dibiarkan berkepanjangan akan mengakibatkan tubuh piyik menjadi kontet atau biasa diistilahkan Stunted.
piyik lovebird
Stunted Growth adalah suatu kondisi dimana tubuh piyikan tidak berkembang sempurna. Indikasinya adalah bentuk tempurung kepala terlalu besar, mata menonjol, lubang hidung menonjol, sayap dan kaki tetap kecil, dan hal lain yang menyebabnya proporsi tubuh tidak seimbang bila dibandingkan dengan piyik normal dengan usia yang sama.
piyik lovebird

Kalaupun piyik ini bisa bertahan hidup, dipastikan proporsi badannya tidak seimbang dan memiliki kecenderungan untuk berpostur kecil (sulit besar) sehingga biasa dinamai kontet.
Solusinya, segera pisahkan dari induknya, lalu coba handfeed dengan pakan bernutrisi baik (disarankan menggunakan pakan lolohan kemasan karena sudah teruji dan terjamin kualitasnya) dan usahakan makanan tetap encer selama masa pemulihan kondisi. untuk menghindari pakan sulit dicerna dan mengendap ditembolok.

Campuran pakan dengan air kelapa (selain air mineral) adalah pilihan paling tepat untuk mengatasi masalah ini, karena banyak mengandung elektrolit yang berguna untuk mengganti cairan tubuh.
Eh jadi mirip iklan Picora Sweat! hehehe,, tak apalah yang penting piyikan kita menjadi sehat dan dapat tumbuh dengan normal.

II   Bagian 1   II   Bagian 3   II   Bagian 4   II


sumber : Grup facebook Lovebird Lover Indonesia
https://www.facebook.com/groups/301695919994311/permalink/359417004222202/

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design