Pecinta Burung Lovebird Indonesia

EGGFOOD untuk LOVEBIRD

EGGFOOD

Setiap hari Lovebird kita diberi pakan biji-bijian, dan sayur ataupun buah Cukupkah bila seperti itu saja? Jawabannya ya, sudah cukup untuk bisa bertahan hidup.
Tetapi, bolehkah apabila diberikan makanan tambahan?
Tentu sangat dianjurkan, terutama jenis makanan yg memiliki nutrisi lebih daripada makanan pokok Si Burung itu sendiri, yakni bijian dan sayuran.
eggfood
Lantas, makanan extra apa yg diperbolehkan dan bernutrisi tinggi untuk burung Lovebird ini?
Salahsatunya adalah Eggfood yang terbuat dari berbagai makanan pilihan seperti telur (porsi terbanyak dalam bahan baku Eggfood), roti, susu, madu, minyak ikan, bijian, vitamin tambahan, dll.
Eggfood merupakan makanan tambahan untuk burung (biasanya keluarga Finch dan Parrot ukuran kecil) yg memiliki kandungan protein tinggi, karena mayoritas burung pemakan biji tidak mendapatkan asupan protein yg cukup bila hanya memakan bijian saja.

Berbeda dengan burung pemakan serangga atau daging, dimana asupan protein mereka sudah lebih dari cukup. Eggfood ini sangat diperlukan ketika masa-masa berkembang biak (bertelur), dan juga ketika piyik baru belajar mencari makanan sendiri, ataupun ketika burung dalam kondisi kurang fit.
Eggfood yg baik adalah yg memiliki komposisi lengkap, baik itu protein, vitamin, mineral, dll.
Pemberian Eggfood lebih dianjurkan bila 2-3 hari sekali daripada setiap hari, karena bagi burung yg berukuran kecil, vitamin dan mineral yg diperlukan hanya dalam jumlah sedikit.

Karena rasanya dan teksturnya yg mungkin asing bagi burung ketika pertama kali mencoba, biasanya Eggfood ini tidak langsung dikonsumsi. Namun tidak menjadi masalah, diamkan saja sampai terbiasa. Bisa juga pada wadah pakan Eggfood ini ditaburkan sedikit bijian, hanya untuk memancing mereka ikut mencoba memakan.
Sajikan sedikit demi sedikit (misal 1 sendok teh), karena bila Eggfood yang terlalu lama didiamkan biasanya akan mengeras (menggumpal), berjamur, dan harus dibuang.

Simpan Eggfood di tempat yang kedap udara seperti toples, masukan di tempat yang sejuk. Tidak lupa juga untuk menaruh Silica Gel yang berguna untuk menyerap lembab dan mencegah jamur.



sumber :
https://www.facebook.com/groups/301695919994311/permalink/321170238046879/

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design