Pecinta Burung Lovebird Indonesia

EXTRA FOODING (EF) SAYUR UNTUK BURUNG LOVE BIRD (bagian 4)

(bagian 4)
Kecambah

Kecambah atau disebut juga tauge merupakan tunas muda dari biji kacang-kacangan yang disemaikan, yang paling populer adalah kacang kedelai dan kacang hijau, selain itu kacang merah dan hiris juga umum dikecambahkan. Rasanya yang enak, kandungan gizinya yang lengkap dan cara pembuatannya yang mudah membuat kecambah ini umum dijumpai dimana-mana, terutama di pedesaan dan pasar tradisional.
Kecambah merupakan "gudang" nutrisi yang nilai gizinya jauh berlipat-lipat dibanding buah atau daunnya. Kacang yang dikecambahkan, kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C-nya meningkat mulai dari 2,5 sampai 3 kali lipat.

Protein kecambah lebih tinggi 19 persen dibandingkan dengan kandungan protein dalam biji kacang aslinya. Selama proses berkecambah, terjadi hidrolisis protein yang menyebabkan kenaikan kadar asam amino di dalam kecambah.

Kandungan Gizi pada KecambahKecambah dari jenis kacang apapun, baik kacang hijau, kedelai, alfalfa maupun jenis kacang-kacangan lainnya mengandung banyak sekali zat nutrisi yang berkhasiat. Berikut adalah kandungan gizi pada kecambah per 100 gram, antara lain:
Energi 50,00 kal
Protein 5,70 gram
Lemak 0,10 gram
Karbohidrat 10 gram
Kalsium 32 mg
Potasium 235 mg
Seng 960 mg
Asam folat 160 mg
Fosfor 96 mg
Kalium 125 mg
Zat besi 1,10 mg
Vitamin A 13.00 RE
Vitamin B 10.13 mg
Vitamin B 20,15 mg
Vitamin C 20,00 mg
Niacin 1,00 mg
Serat 0,70 gram

Vitamin B Kadar vitamin B akan meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat, yang dapat membantu proses pencernaan glukosa ketika glukosa telah dihasilkan maka dia akan memberi masukan pada sel-sel syaraf termasuk sel syaraf pada organ-organ kesuburan pria.Vitamin C Mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 15mg per 100 gram setelah 48 jam. Vitamin C ini berfungsi untuk kesuburan (fertilitas) pria, jika kekurangan dalam mengonsumsi vitamin C ini dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket yang akan menggangu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.Dalam secangkir kecambah kacang hijau mengandung 14,1 mg vitamin C, sehingga sangat baik berfungsi sebagai antioksidan.Vitamin EVitamin E akan mengalami peningkatan selama berkecambah dari dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah.

Vitamin ini dikenal untuk kesuburan karena berfungsi dalam pembentukan testoteron yang diperlukan kejantanan pria. Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E ini dapat melindungi sel-sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Perhatikan sewaktu membeli Waktu membelinya, harus dicium untuk memastikan tidak ada bau yang tidak enak. Bila ada baunya, jangan dibeli ataupun dimakan. Dan jika ada waktu, yang terbaik adalah membuat sendiri kecambah, cukup merendam bahan (kacang hijau, kedelai, atau lainnya) dalam air bersih agar dapat tumbuh menjadi kecambah.

Selain beberapa sayur mayur tsb, Love bird boleh juga di beri daun kemangi, kacang panjang,buncis, selada, brokoli bahkan buah buahan kalau mau makan, tetapi khusus untuk buah buahan akan menyebabkan kotoran lebih berair, dan menjadikan jorok.

Dari semua hal tsb, kiranya dapat di pelajari lagi , EF apa yg cocok dan baik bagi Love Bird kita, berdasarkan kandungan gizi nya dan di sesuaikan dengan cuaca.

Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan,  mohon maaf bila ada kekurangan dan kurang berkenan...

SALAM PELIHARA BURUNG...

Bagian 1    II   Bagian 2   II   Bagian 3   II


sumber :
https://www.facebook.com/notes/pelihara-burung/ef-sayur-untuk-burung-love-bird/445877665443924

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design