Pecinta Burung Lovebird Indonesia

EXTRA FOODING (EF) SAYUR UNTUK BURUNG LOVE BIRD (bagian 1)

BERIKUT ADALAH MACAM MACAM EF SAYUR MAYUR UNTUK BURUNG LOVE BIRD
(Bagian 1)

KANGKUNG

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir. merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.
Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan(hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.

memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Selain vitamin A, B1, dan C dan K, juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, asam amino, karoten, hentriakontan, sitosterol. Karena berbagai kandungan itu kangkung memiliki sifat antiracun, peluruh, perdarahan, diuretik (pelancar kencing), antiradang, dan sedatif (penenang/obat tidur). Sebab itu, tidak heran bila kita mudah mengantuk setelah makan banyak dengan menu kangkung. Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun ditubuh.

Dengan kandungan Zat besi yg banyak, kangkung sangat dibutuhkan oleh tubuh  khususnya sel darah merah. Zat besi ini sangat berperan penting dalam proses pembentukan hemoglobin.

Kangkung juga memiliki kandungan serat / fiber yg cukup tinggi, karena itulah kangkung sangat baik untuk proses pencernaan. Herminia de Guzman Ladion, pakar kesehatan dari Filipina, memasukkan kangkung dalam kelompok tanaman penyembuh ajaib.  Dinegara itu, tanaman ini dipakai untuk menyembuhkan sembelit dan obat bagi mereka yang sedang melakukan diet. Akar kangkung juga berguna untuk mengobati penyakit wasir. Untuk itu waktu musim penghujan pemberian kangkung bagi Love Bird  HARAP DIKURANGI  frekwensinya. dengan  sifat diuretik dan kandungan serat yg tinggi, akan menyebabkan Love Bird mencret kalau kebanyakan kangkung di musim penghujan.

Banyak yg mengatakan jangan memberi kangkung kalau love bird kita sudah menetas anak nya, sebenar nya sah sah aja di berikan kangkung, cuma mungkin waktu dulu kangkung nya tidak di potong kecil kecil sehingga bisa di masuk kan dalam glodog, selain itu kangkung efek nya adalah dingin, yg mungkin tidak baik bagi pencernakan anakan Love Bird ketika di suapi induk nya. Untuk aman nya di beri aja sayur lain selain kangkung.

Mengenai kangkung sebagai penambah birahi, saya kira tidak benar juga, sebab efek kangkung adalah dingin, dan mengandung zat sedatif yg menyebabkan kantuk. Lebih tepatnya kangkung adalah penyetabil birahi, makanya banyak Love Bird kelas lomba yg diberikan kangkung secukupnya sebelum lomba supaya birahi nya stabil dan nagen dilapangan.


Bagian 2    II   Bagian 3   II   Bagian 4   II


sumber :
https://www.facebook.com/notes/pelihara-burung/ef-sayur-untuk-burung-love-bird/445877665443924

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird Lovers Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design